Media sosial kini telah menjadi bagian
besar dari kehidupan semua orang. Mulai dari para pejabat, artis,
pebisnis hingga masyarakat biasa, semua melibatkan dirinya di dunia
media sosial. Media yang sangat nyaman untuk berbagi dan menunjukkan
eksistensi ini memang telah menjadi pilihan utama masyarakat modern
dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Diantara #media sosial yang memiliki pengguna yang besar adalah Twitter.
Media sosial 140 karakter ini adalah
pilihan banyak orang, tak terkecuali para artis, pejabat dan para
pebisnis atau pengusaha. Meski bukan media sosial berkonsep jaringan
professional layaknya LinkedIn, #Twitter
masih menjadi media sosial pilihan favorit pilihan para pebisnis atau
pengusaha. Namun sayang dari bayaknya tweet yang di-share oleh para
pebisnis ini, tidak sedikit tweet yang tidak semestinya dibagi atau
diposting.
Tweet bagi seorang entrepreneur memang
bukan sesuatu yang tidak bisa dianggap biasa. Hal ini disebabkan karena
pebisnis yang merupakan salah satu orang yang akan disorot publik dari
pelanggan hingga masyarakat umum. Maka dari itu, jika Anda seorang
pebisnis, maka Anda harus berhati-hati saat Anda akan melakukan posting
di Twitter agar nama baik Anda tetap terjaga.
Lalu seperti apakah tweet yang baik dan
layak bagi seorang pebisnis tersebut? Berikut 5 Tweet yang perlu
dihindari oleh para pebisnis.
1. Tweet Kegiatan Sehari-hari
Tweet pertama yang sebaiknya dihindari
oleh para pebisnis adalah tweet tentang kehidupannya sehari-hari,
seperti “sedang makan” atau “akan istirahat” atau “sedang perjalanan
pulang” dan lain sebagainya. Tweet-tweet semacam ini jelas akan
menggambarkan diri Anda sebagai orang yang kurang berbobot dan tidak
efektif.
Sebagai seorang pebisnis Anda akan
dikenal publik sebagai orang yang efektif dan tidak buang-buang waktu
dalam seluruh kegiatan Anda. Maka cobalah Anda hindari tweet seperti ini
agar reputasi Anda tetap terjaga dengan baik dan Anda tidak dikenal
sebagai orang yang katrok atau latah sebagai pengguna media sosial.
2. Tweet Mengeluh
Media sosial memang sarana yang efektif
untuk berbagi kisah suka dan duka. Kehidupan manusia yang tidak luput
dari cerita duka ini seringkali dibagi atau dishare di media sosial
termasuk Twitter.
Namun bagi Anda seorang pebisnis,
cobalah sebisa mungkin untuk tidak membagi keluh kesah Anda di twitter.
Pebisnis yang dikenal sebagai orang yang tangguh menghadapi berbagai
persoalan akan dianggap bukan lagi pebisnis jika selalu mengeluh di
media sosial termasuk Twitter.
3. Tweet Eksistensi
Sebagai pebisnis Anda akan dikenal
sebagai orang yang punya banyak ilmu, baik secara teori maupun
pengalaman. Namun hal ini akan seketika runtuh jika Anda seringkali
melakukan tweet yang tidak berbobot yang terlalu mengedepankan
eksistensi (keberadaan diri) Anda.
Beberapa tweet seperti “hai semua” atau
“selamat pagi dunia” atau mungkin juga “apa kabar semua” ini mungkin
biasa saja, namun bagi seorang pebisnis alangkah baiknya jika Anda
membag tweet yang berbobot dan berkualitas. Tweet-tweet yang berkualitas
seperti ini jelas akan meningkatkan kompetensi Anda sebagai seorang
pebisnis handal.
4. Tweet Fanatisme
Dalam hidup seorang manusia memang tak
akan lepas dari sebuah pilihan dan keberpihakan pada suatu golongan atau
kelompok tertentu. Hal ini juga tak terlepas dari kehidupan seorang
pebisnis. Maka jika demikian, janganlah Anda terlalu menunjukkan bahwa
Anda berpihak pada salah satu golongan atau kelompok tertentu dalam
tweet Anda. Ini akan berakibat buruk pada nama baik dan bisnis Anda.
Anda harus ingat bahwa para klien atau
pelanggan Anda juga seorang manusia yang memiliki keberpihakan tertentu
pula. Jika Anda melakukan tweet yang seperti ini bukan tidak mungkin
para pelanggan Anda yang tidak satu golongan dengan Anda kabur dari Anda
dan berpindah ke yang lain. Maka dari itu usahakan sebisa mungkin
bersikap netral untuk urusan terkait fanatisme seperti ini.
5. Tweet Pamer Kesuksesan
Tweet berikutnya yang harus dihindari
pebisnis adalah tweet yang berkisah hanya seputar tentang kesuksesan
Anda. Memang sangat menyenangkan membagi kisah sukses di media sosial.
Namun perlu Anda ketahui bahwa tak selamanya kisah sukses yang di-share
memiliki timbal balik yang baik.
Jangankan berkali-kali, tweet pamer
sukses satu-dua kali saja bisa membuat kesan sombong muncul dari publik
kepada Anda. Kesan sombong yang muncul ini tentu saja akan membuat nama
baik Anda menjadi buruk. Bagaimana menurut Anda?
sumber : https://www.maxmanroe.com
0 comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.